Sabtu, 02 Oktober 2010

50 keajaiban



Tahukah kamu, Mantan Presiden AS James Garfield dapat menulis bahasa Latin dengan sebelah tangannya dan bahasa Yunani dengan tangannya yang lain, pada waktu yang bersamaan, luar biasa bukan ?

Temukan 50 keunikan dunia lainnya dalam artikel berikut:

1. Ar-Razi adalah juara catur Persia pada 847 setelah mengalahkan Al-Adli di hadapan Khalifah Al-Mutawakkil. Ia juga menulis buku Latif fi-sh shatranj dan Kitab ash-shatranj, yang telah lama lenyap. Yang masih tersisa dari buku ini hanyalah beberapa opini tentang permainan akhir dan sejumlah problem catur.

2. Kata subcontinental adalah satu-satunya dalam bahasa Inggris yang berisi semua huruf hidup dengan urutan terbalik.

3. Luas keseluruhan area Danau-Danau Besar adalah 244.054,58 km². Ini berarti luasnya lebih besar daripada gabungan negara-negara bagian New York, New Jersey, Connecticut, Rhode Island, Massachusetts, dan Vermont. 


4. Sepatu kuda untuk kuda Clydesdale yang dewasa ukurannya lebih dari 55,9 cm dari ujung ke ujung dan beratnya sekitar 2,27 kg. Ini berarti lebih dari dua kali panjang dan empat kali berat sepatu kuda biasa.

5. Dari 206 tulang pada rata-rata tubuh orang dewasa, 54 terdapat di tangan dan 52 di kaki.
6. Ekuador mempunyai banyak sekali gunung berapi dibandingkan luas negaranya yang tidak seberapa besar. Dalam jalur sepanjang 322 km, terdapat 24 gunung berapi aktif di sepanjang Pegunungan Andes Ekuador.

7. Burung mengunyah dengan perutnya. Karena kebanyakan burung tidak bergigi, mereka secara teratur menelan kerikil yang berfungsi menggiling makanannya.

8. Kecepatan rata-rata lalat rumah adalah 7,25 km/jam. Lalat rumah mengepakkan sayapnya sekitar 20.000 kali setiap menitnya.

9. Orang lanjut usia lebih mudah terkena dehidrasi daripada orang muda, karena tubuh mereka kurang efektif dalam memberitahukan kapan mereka perlu minum.

10. Lebih banyak orang Amerika yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas daripada karena perang manapun yang melibatkan AS.

11. Ikan guppy memperoleh namanya dari seorang naturalis, R.J.L. Guppy dari Trinidad yang menemukan dan memperkenalkan spesimen ini kepada British Museum.

12. Ketika McDonald's berniat membuka restoran baru di India, hamburger yang dibuat dari daging sapi menu utamanya harus disingkirkan, karena sapi dianggap suci. Akhirnya McDonald's memperkenalkan Maharaja Mac, yang dibuat dari daging kambing.

13. Pada 1870-an, warga Paris dipaksa untuk memakan daging kuda, karena daging sapi langka selama perang Perancis-Prusia. Ternyata warga kota itu menyukainya.

14. Di Kuwait City 15.000 pelanggan antre menunggu dilayani di restoran McDonald's ketika pertama kali dibuka pada 1994. Sementara itu, di drive-through, barisan mobil yang mengantre panjangnya hingga 11 km.

15. Dengan 6.138 pertunjukan hingga 19 Juni 1997 Cats menjadi pertunjukan terlama dalam sejarah Broadway. Cats berhasil mengalahkan A Chorus Line yang terakhir dipentaskan pada April 1990.

16. Tanpa tulang belakang seekor oktopus dapat melalui lubang yang lebarnya sekitar 5 cm.

17. Dengan menggunakan teknik survei satelit, para ilmuwan menyimpulkan bahwa Los Angeles, California bergerak dengan kecepatan 5,1 cm per tahun menuju ke Pegunungan San Gabriel.

18. Pada 1388, Parlemen Inggris mengeluarkan larangan membuang sampah di saluran air dan selokan-selokan.

19. Mantan Presiden AS James Garfield dapat menulis bahasa Latin dengan sebelah tangannya dan bahasa Yunani dengan tangannya yang lain, pada waktu yang bersamaan.

20. Leonardo da Vinci dapat menggambar dengan sebelah tangan dan menulis dengan tangannya yang lain, pada waktu yang bersamaan.

21. Karena panda raksasa sangat besar, sementara bayinya sangat kecil, orang sulit mengetahui apabila seekor panda hamil.

22. Pada Perang Dunia I burung nuri diletakkan di Menara Eiffel untuk memberikan peringatan apabila pesawat udara mendekat, jauh sebelum pesawat itu terdengar atau terlihat oleh pengawas.

23. Ular pada umumnya bernapas hanya dengan menggunakan satu paru-paru. Paru-paru kiri biasanya sangat kecil karena tidak berkembang, atau sama sekali tidak ada.

24. Kotak hitam yang menyimpan rekaman percakapan penerbang di pesawat terbang sesungguhnya berwarna oranye agar dapat mudah ditemukan di antara reruntuhan pesawat yang mengalami kecelakaan.

25. Satu-satunya istana kerajaan di Amerika Serikat terdapat di Hawaii.

26. Alamat, status ekonomi, atau pendidikan menyebabkan sekitar setengah juta warga Inggris memiliki lebih dari satu hak suara dalam pemilihan umum di Inggris pada 1885. Seorang lulusan universitas yang juga memiliki bisnis di kota London bisa memberikan suara tiga kali - masing-masing di rumahnya, di universitasnya, dan di kota.

27. Kata gas diciptakan oleh kimiawan J.B. van Helmont, dari kata Yunani chaos yang berarti tak berbentuk.

28. Setiap tahunnya konsumen Perancis rata-rata meminum 88 gelas produk Coca Cola.

29. Kucing adalah lambang kemerdekaan di zaman Romawi kuno.

30. Abjad suku bangsa Viking disebut Futhark. Huruf-hurufnya disebut rune yang dibuat dari garis-garis lurus sehingga mudah diukirkan di batu-batu atau kayu. Batu-batu bertulisan bahasa mereka disebut batu Rune.

31. Philip McGinnis, wartawan pacuan kuda dari Huntingdon, Quebec, Kanada, menciptakan pintu pacuan kuda pada awal 1900-an. Pintu ini ternyata populer untuk mencegah terjadinya pencurian start oleh kuda-kuda pacu.

32. Lapangan bisbol Arizona Bank One Ballpark menggunakan rumput khusus, De Anza zoysia, yang dikembangkan untuk udara gurun yang panas. Rumput yang dihasilkan oleh Universitas California, Riverside ini toleran terhadap kondisi cahaya yang sedikit, suatu faktor penting karena atap raksasa stadion ini ditutup dalam pertandingan sore hari yang panas di Arizona.

33. Permukaan planet Venus lebih panas daripada Merkurius, meskipun jaraknya hampir dua kali lipat lebih jauh dari matahari. Hal ini dikarenakan atmosfer yang menimbulkan efek rumah kaca

34. Kabinet Indonesia yang memiliki personil terbanyak ialah Dwikora II, dengan 132 personil

35. Pohon baobab adalah pohon yang paling tahan kekeringan. Pohon ini menyimpan 1.358.600 liter air dalam batangnya untuk dipergunakan kelak.

36. Keripik kentang adalah kudapan terlaris di Amerika Serikat. Menurut statistik, 32% orang Amerika makan siang disertai keripik kentang, sementara 18% pada makan malam.

37. Oposum virginia adalah satu-satunya binatang berkantung asli dari Amerika Utara. Jumlah anaknya dalam sekali melahirkan bisa sampai 22 ekor, tapi maksimal hanya 13 yang hidup.Bayi mereka tinggal di dalam kantong induknya selama 60 hari pertama.

38. Arbiter Internasional, pemimpin suatu pertandingan catur FIDE, harus menguasai setidaknya dua dari lima bahasa resmi FIDE, yaitu bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Rusia dan Spanyol.

39. Udang mempunyai lebih dari seratus pasang kromosom pada setiap inti selnya. Manusia hanya mempunyai 23 pasang.

40. Kupu-kupu melakukan penyerbukan dengan cara yang sama seperti lebah. Mereka berpindah dari pohon ke pohon sambil membawa serbuk bunga di kaki mereka yang penuh dengan bulu dan dengan cara itu menghasilkan penyerbukan silang.

41. Jabatan Arbiter Internasional diciptakan FIDE pada 1951, Arbiter termuda adalah Sophia Gorman yang mulai menjabat pada usia 19 tahun.

42. Anggrek berasal dari hutan yang lebat. Setiap negara di dunia, mempunyai sekurang-kurangnya satu spesies anggrek.

43. Perguruan tinggi pertama yang menggunakan istilah kampus untuk merujuk pada tanahnya adalah Universitas Princeton. Kata ini berasal dari bahasa Latin, yang berarti lapangan.

44. Presiden AS ke-17, Andrew Johnson, adalah satu-satunya presiden AS yang menjahit pakaiannya sendiri.

45. Keringat tidak menghasilkan bau. Bakteri yang terdapat pada kulitlah yang menciptakan bau badan.

46. Belut listrik yang besarnya antara 1,5 - 2 meter mampu menghasilkan listrik hingga 600 volt yang cukup besar untuk mengejutkan seekor kuda.

47. Sebuah biola terdiri dari sekitar 70 potong kayu.

48. Kerangka bangunan Empire State Building dibangun dengan kecepatan rata-rata 4½ lantai per minggunya. Bangunan ini selesai sebelum jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.

49. Vietnam merupakan negara yang menjadi negara terjajah terlama dengan masa jajah 100 tahun!

50. Menurut majalah Forbes, sekitar 60% dari 793 orang miliader di dunia tahun 2009 membangun kekayaannya dari nol 
by:kaskus

0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev home

Hit Counter